Menyongsong Tahun Pelajaran Baru, SMAN 1 Parungkuda Menggelar Workshop e-Learning

Meski tahun pelajaran baru 2020-2021 belum dimulai, SMAN 1 Parungkuda menggelar Workshop Pembelajaran Berbasis e-Learning bagi seluruh guru pada Senin, 15 Juni 2020 pukul 08.00 s.d 16.00 di gedung pertemuan SMAN 1 Parungkuda, untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Perhelatan yang sejatinya dilaksanakan di laboratorium komputer ini diikuti 65 orang guru dari berbagai mata pelajaran.

Acara dibuka oleh Dina Mardiah selaku staf kurikulum sekaligus pembawa acara, dilanjutkan dengan tilawah Alquran oleh Uwen Baenuri, guru Pandidikan Agama Islam.

Ogi Suprayogi selaku kepala sekolah membuka acara secara resmi dengan mengucapkan basmalah setelah menyampaikan sambutan dan arahannya. Pada sambutannya beliau menyampaikan, “Pembelajaran jarak jauh atau PJJ menjadi jalan yang tidak bisa dihindari mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, untuk itulah workshop ini digelar dengan harapan seluruh guru dapat mengaplikasikan PBM berbasis e-Learning, lebih lengkapnya dengan metode blended learning.”

Di tengah sambutannya beliau juga menginformasikan agar seluruh peserta workshop mengikuti setiap materi dengan baik dan memenuhi kantong tugas yang telah disediakan secara daring sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk oleh Iit Rustiwan sebagai wakasek kurikulum.

Workshop dilaksanakan dengan metode in-on-in training, in training dilakukan satu hari untuk penyampaian dan mempraktikan materi, on training dilaksanakan tiga hari untuk mengisi kantung tugas secara work from home dan sisanya in taining untuk mempresentasikan kantung tugas sesuai dengan pembagian kelompok. Untuk mengoptimalkan penyampaian materi-materi workshop, sekolah menyediakan layanan peminjaman gawai berupa tablet 8 inch yang sudah terkoneksi internet kepada seluruh guru.

Ogi Suprayogi selaku kepala sekolah mengawali materi sesi pertama dengan membawakan tema pengantar “Blended Learning“, dilanjutkan oleh Reni Citrawati dengan tema “Mengoptimalkan Google Classroom”. Sesi materi selanjutnya diisi oleh Herwan dengan membawakan materi “Teknik menjadi host, moderator dan narasumber VCON“.

Nampak peserta sangat antusias mengikuti agenda demi agenda workshop, terutama saat praktik membuat akun pada aplikasi Cisco Webex, Flyer, QR code, Google Classroom serta publikasi pembelajaran pada YouTube yang ditengara oleh Wildan Kurnia dan Renaldy Mulyana sebagai pendamping praktik.

Koordinator dan editing: Staf TPMPS SMAN 1 Parungkuda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *