New Work Times: Pengendara Sepeda Dapat Menua Lebih Baik

Oleh: Herwan, S.Pd.I., M.M.Pd. (Guru PAI SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiology dan diterbitkan pada New York Times bahwa pengendara sepeda akan lebih bugar bahkan dapat menua lebih baik daripada orang kebanyakan.

Para ilmuwan memeriksa pengendara sepeda berusia 55-79 tahun dan menemukan mereka memiliki memori, refleks, keseimbangan, metabolisme, dan respons sistem kekebalan yang serupa dengan orang-orang yang berpuluh-puluh tahun lebih muda, New York Times melaporkan.

Dengan bersepeda ke kantor atau ketika akhir pekan bisa membuat lebih menikmati waktu, dengan mengamati keadaan sekitar sehingga kita jadi lebih peduli dan menikmati lingkungan dengan baik.

Dengan bersepeda kita dapat melakukan hal-hal kecil, seperti memperhatikan taman, mural di tembok-tembok, dan bagaimana lingkungan berubah sambil bersepeda dan menghirup udara segar.

Terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini di mana kita dianjurkan untuk menjaga jarak (social distancing) dan menjaga bersentuhan fisik (physical distancing). Hemat penulis bersepeda dapat menjadi cara yang solutif di samping kita juga dapat sehat, bugar dan menua dengan lebih baik sebagaimana yang dilansir oleh jurnal tadi.

Sahabat karib Anda:
Herwan

#MariBersepeda
#LawanCorona

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *