Tim Penilai PKKS, Wahyuto: Memulai Siklus Kerja dengan Analisis Rapor Mutu, Pemetaan, Perencanaan, Pelaksanaan, Monev dan Tindak Lanjut

Parungkuda – Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau PKKS dilaksanakan pada Selasa 1 Desember 2020 di ruang pertemuan SMAN 1 Parungkuda. PKKS ini merupakan kali terakhir bagi Ogi Suprayogi selaku kepala sekolah dihadiri Wahyuto dan Dedi Hernadi sebagai tim penilai sekaligus pengawas KCD Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat.

“Penilaian kinerja kepala sekolah sejatinya bukan hanya menilai kepala sekolah tetapi juga menilai sekolah secara keseluruhan, untuk itu kepada seluruh stakeholder agar dapat membantu asesor dalam proses penilaian ini,” ungkap Ogi Suprayogi di sela-sela sambutannya.

Selaku salah satu tim penilai PKKS, Wahyuto mengatakan, “Secara umum SMAN 1 Parungkuda memiliki reputasi yang sangat baik. Mengingatkan saja, bahwa dalam setiap kegiatan atau rencana kerja mengawalinya dengan analisis rapor mutu, pemetaan, perencanaan, pelaksanaan kemudian monev dan diakhiri dengan tindak lanjut.”

Beliau juga memberikan informasi bahwa PKKS memiliki enam kompetensi penilaian yaitu: 1) Kepribadian dan Sosial; 2) Kepemimpinan Pembelajaran; 3) Pengembangan Sekolah; 4) Manajemen Sumber Daya; 5) Kewirausahaan; dan 6) Supervisi Pembelajaran.

Sejumlah stakeholder yang ditugaskan dan ditunjuk untuk mendampingi tim penilai PKKS, menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan tim penilai dengan baik dan sesekali menyodorkan bukti fisik sesuai dengan yang diajukan oleh tim penilai. Sehari sebelum pelaksanaan PKKS atau pada Senin, 30 November 2020 dilaksanakan terlebih dahulu pengisian kuesioner PKKS oleh sejumlah responden baik yang bersumber dari guru, peserta didik maupun dari orang tua peserta didik.

Di akhir acara sebelum ditutup dengan doa, tim penilai menyampaikan apresiasi yang mendalam atas kerja sama yang baik dari seluruh responden dan stakeholder SMAN 1 Parungkuda. Harapan ke depannya dapat mempertahankan capaian sekolah yang sudah sangat baik dan meningkatkan kembali komponen-komponen sekolah yang belum mencapai nilai baik.

Koordinator & Editor : TPMPS SMAN 1 Parungkuda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *