Teater ‘KASSVA’ Menyabet Juara Tiga Ajang Apresiasi Seni dan Sastra XI Nasional

Prestasi membanggakan kembali ditoreh siswa-siswi SMAN 1 Parungkuda. Kali ini melalui Tangkai Lomba Monolog Tingkat Nasional dalam acara APSETRA XI yang diselenggarakan oleh Teater Yupa Universitas Mulawarman Samarinda dengan meraih juara ketiga. Ajang lomba yang dilaksanakan mulai Senin, 16 November 2020 dan berakhir pada Sabtu, 21 November 2020 ini melahirkan sepuluh penampilan teater terbaik.

Ogi Suprayogi selaku Kepala SMAN 1 Parungkuda memberikan apresiasi luar biasa atas prestasi yang diraih oleh Teater KASSVA. “Lomba yang mereka ikuti sangatlah spektakuler dan bisa melatih kemandirian serta kepekaan sosial siswa, tidak hanya dalam lomba tapi juga dalam kehidupannya sehari-hari. Semoga dengan lomba ini tak hanya prestasi tapi siswa juga mendapat pengetahuan mendalam karena adanya workshop yang diadakan oleh juri dan panitia,” ungkapnya.

Wildan Kurnia selaku pembina teater KASSVA dibantu oleh Lintang Cahya sebagai sutradara, Bifasha Syabilla sebagai aktor dan para penata pentas  mengangkat tema tentang kekerasan terhadap TKW Indonesia, dari naskah drama berjudul ‘Tolong’ karya Nano Riantiarno  yang menceritakan kondisi TKW yang menjadi korban kekerasan oknum majikan.

Daftar 10 besar pemenang | Kesalahan penulisan nama pada Parungkuda

Ajang lomba yang sangat spektakuler ini bukan sekadar menampilkan dan menilai peserta lomba tetapi dilengkapi pula dengan workshop dan diskusi dengan para juri/panitia yang diikuti oleh teater pelajar se-Nusantara, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang penyutradaraan dan keaktoran para pelajar.

“Ajang ini merupakan bagian penting bagi kehidupan karena akan menajamkan sisi rasa bagi setiap manusia yang mana sisi ini penting untuk menjadikan kita peka terhadap lingkungan,” ungkap Encik Akhmad Syaifudin, selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mulawarman saat membuka acara.

Koordinator & Editor : TPMP SMAN 1 Parungkuda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *