Simulasi UNBK Hari Kedua: Tambahan AKM dan Angket

Sukabumi – Pelaksanaan simulasi UNBK hari kedua berjalan lebih lancar dan sukses, peserta didik dalam hal ini kelas dua belas lebih terlihat nyaman dan percaya diri dibanding hari pertama. Hal ini dikarenakan panitia dan peserta sudah dapat mengantisipasi sekecil apapun bila terjadi kekurangan dan kelemahan. Pelaksanaan simulasi hari kedua ini berlangsung pada Selasa 25 Februari 2020 dimulai pukul 07.30 s.d selesai di laboratorium komputer SMAN 1 Parungkuda.

Reni Citrawati selaku proktor melakukan pengarahan teknis baik kepada teknisi, pengawas maupun peserta demi terlaksananya kegiatan simulasi berjalan dengan baik. Ditengah-tengah kesibukkannya beliau mengutarakan “Alhamdulillah pelaksanaan simulasi hari kedua berjalan lancar, kondisi jaringan stabil, dari segi kehadiran baik peserta maupun pengawas on time, terlebih para teknisi sudah lebih awal berada di laboratorium komputer. Semoga kita dapat mempertahankan dan terus meningkatkan kondusifitas seperti ini.” Ucap Reni Citrawati.

Senada dengan Reni Citrawati, Sumarto selaku teknisi juga membenarkan “Pelaksanaan yang kondusif seperti ini tidak lain karena semua elemen tim kerja ambil bagian dan bekerja dengan baik di posisinya masing-masing, semoga saat UNBK dan penilaian lainnya yang sesungguhnya juga dapat berlangsung dengan baik dan optimal.” Ungkap Sumarto.

Foto : Herwan

Muhammad Pandu Aria Pratama sebagai salah satu siswa peserta simulasi mengungkapkan “Hari kedua ini jauh lebih enjoy, tapi juga harus berpikir lebih ekstra karena soalnya lebih banyak dan panjang-panjang jadi harus menelaah dan membaca lagi berulang-ulang.” Lirihnya.

Pelaksanaan simulasi atau gladi bersih saat ini melibatkan 385 orang peserta, 24 orang bapak/ibu guru sebagai pengawas, 3 orang teknisi, 1 orang staf kurikulum sebagai proktor, 1 orang koordinator pelaksana dan kepala sekolah sebagai ketua. Dan tentu saja menggunakan perangkat komputer yang sudah dikondisikan di 4 ruang laboratorium komputer.

Berbeda dengan simulasi hari pertama, peserta didik hanya mengerjakan soal-soal simulasi sesuai mata ujiannya, pada simulasi hari kedua ini peserta didik juga dituntut mengerjakan dua termin lagi setelah soal mata ujian pilihannya yaitu AKM (assessmen kompetensi minimal) dan berakhir dengan angket.

Koordinator: Herwan

Editor: Renaldy Mulyana

Foto: Herwan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *