Miéling Poé Basa Indung Sadunya: Leungit basana ilang bangsana

Sukabumi – Hari Bahasa Ibu Internasional adalah peringatan tahunan yang diselenggarakan di seluruh dunia pada 21 Februari sejak tahun 2000 untuk mempromosikan perdamaian, kesadaran linguistik, keanekaragaman budaya dan multibahasa.

Hari Bahasa Ibu Internasional pertama kali ditetapkan oleh UNESCO pada 17 November 1999, yang kemudian secara resmi diakui dalam Sidang Umum PBB dan dimuat dalam resolusi pada tahun 2008.

Dalam rangka memperingati hal tersebut SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi mengadakan kegiatan peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional pada Jumat 21 Februari 2020 dengan tema besar “Mieling Poe Basa Indung Sadunya” dengan tema turunannya “Leungit basana ilang bangsana.”

Foto : Herwan

Bertempat di gedung pentas seni dan disaksikan oleh peserta yang berada di lapangan upacara, seluruh siswa sekolah kelas 10 s.d 12 disuguhkan beberapa penampilan yang bernuansa bahasa Sunda. Diantaranya adalah penampilan sajak sunda, sasakala, rampak sekar, silat, tari jipeng dan kaulinan barudak.

Foto : Noval Fauzan

Kegiatan dipandu oleh Wildan Kurnia, guru seni yang menggunakan basa Sunda sebagai bahasa pengantar. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari seluruh warga sekolah. Kepala SMAN 1 Parungkuda memberikan kata sambutan “mari sama-sama kita melestarikan basa Sunda apalagi saat ini kita sedang dalam kegiatan hari bahasa ibu internasional.” Ungkap Ogi Suprayogi sekaligus membuka acara.

Salah satu guru basa Sunda mengatakan “alhamdulillah kita dapat menyelenggarakan acara mieling basa ibu sadunya ini, meski semuanya serba mendadak namun acara tetap berlangsung meriah semoga kedepannya lebih terencana dan lebih baik lagi.” Ujar Ajat Sudarjat.

Senada dengan guru basa Sunda, Naila Afilia siswa kelas 10 mengungkapkan “Saya merasa senang dengan kegiatan ini jadi tahu mengapa tgl 21 Februari diperingati sebagai hari bahasa ibu, harapan saya kedepannya lebih terencana lagi dan semua warga sekolah ikut berpartisipasi baik guru ataupun siswa.” Jawabnya seusai kegiatan.

Koordinator: Herwan

Editor: Renaldy Mulyana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *