Herwan, Guru PAI SMAN 1 Parungkuda Terpilih Menjadi Instruktur Provinsi

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Herwan berhasil dinobatkan sebagai Instruktur Provinsi pada perhelatan Training of Trainer atau TOT Instruktur Provinsi Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia atau AGPAII Digital DPW AGPAII Jawa Barat pada 7 s.d. 9 Januari 2021, dengan kategori kelulusan Instruktur Provinsi.

Hal itu terungkap berdasarkan surat keputusan Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPW AGPAII) Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 dengan Nomor : 025/SK/DPW-AGPAII/II/2021 tentang Penetapan Kelulusan yang ditetapkan di Bandung pada tanggal 5 Februari 2021.

Ogi Suprayogi selaku Kepala SMAN 1 Parungkuda mengatakan, “Prestasi guru PAI ini menjadi kebanggaan seluruh civitas akademika SMAN 1 Parungkuda dan tentu saja ada kewajiban bagi yang bersangkutan untuk semangat mendiseminasikan ilmu dan aplikasi yang didapat agar lebih luas lagi manfaatnya.”

Berdasarkan data dari surat keputusan tersebut, 81 peserta yang lulus se-Provinsi Jawa Barat, dan dari Kabupaten Sukabumi ada tiga peserta yang lulus, dua di antaranya lulus instruktur provinsi, dan satu peserta lulus dengan kategori instruktur kabupaten.

Sebagai informasi, TOT Instruktur Provinsi AGPAII Digital ini lahir dari transformasi digital dengan memanfaatkan masa pandemi Covid-19 sehingga dalam strategi dan teknik penyampaian materi dan pembelajaran dilaksanakan secara daring atau online.

Selain itu, transformasi digital ini juga untuk menghadapi tantangan dan peluang Abad 21 yang ditandai dengan Revolusi Industri 4.0 di dunia pendidikan, tak terkecuali guru Pendidikan Agama Islam juga dituntut harus adaptif terhadap perkembangan zaman, berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif dan tentu saja kolaboratif.

Dari ciri Revolusi Industri 4.0 di atas menuntut terjadinya digitalisasi dalam berbagai bidang kehidupan, sehingga AGPAII harus mampu mengambil momentum tersebut dengan adanya aplikasi AGPAII Digital yang dapat dijadikan Learning Community maupun Learning Management System.

Koordinator & Editor : TPMPS SMAN 1 Parungkuda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *