Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS dan MPK SMAN 1 Parungkuda

Parungkuda – Selasa, 16 Februari 2021 telah berlangsung Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2019/2020 ke pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2020/2021 yang dilaksanakan di halaman sekolah SMAN 1 Parungkuda.

Serah terima jabatan ini penting untuk dilaksanakan karena merupakan bagian dari laporan pertanggungjawaban program kerja, baik yang sudah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan. Adapun program kerja yang belum terealisasi akan menjadi tanggung jawab kepengurusan selanjutnya dan hal ini sangat penting dalam peningkatan pelaksanaan kegiatan. 

Meskipun dalam kondisi pandemi, acara ini tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu membatasi hadirin yang datang dengan diwakili oleh pengurus inti dan dilaksanakan di halaman sekolah. Serah terima jabatan ini merupakan wujud pertanggungjawaban dan penyerahan tongkat estafet kepengurusan yang mengisyaratkan bahwa organisasi tersebut masih hidup. 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC dan pembacaan susunan acara. Kemudian hadirin bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMAN 1 Parungkuda, Drs. H. Ogi Suprayogi, M.M.Pd.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa OSIS mempunyai peranan penting dalam kegiatan di sekolah. Semua kegiatan siswa harus bermuara pada OSIS, baik kegiatan ekstrakurikuler dalam sekolah ataupun kegiatan-kegiatan lain di luar sekolah. OSIS harus menjadi tumpuan untuk seluruh kegiatan siswa yang ada di sekolah. 

Usai sambutan dari kepala SMAN 1 Parungkuda, dilanjutkan sambutan dari Wakasek Kesiswaan “Terima kasih kepada pengurus OSIS 2019/2020, mudah-mudahan kalian bisa menerima hasilnya dengan baik dan selama di bawah kepimpinan saya jika ada hal-hal yang kurang berkenan, kami dari keluarga besar SMA Negeri 1 Parungkuda baik itu Kepala Sekolah, saya atau guru-guru yang lain, semua itu sebenarnya bertujuan baik. Tujuan utamanya adalah mendewasakan kalian dan juga mendidik kalian bagaimana cara berorganisasi,” ungkap Zulkarnaini, S.Pd, Ek.

Ketua MPK dan Ketua OSIS masa bakti 2019/2020 Zulfahmi dan Ayatullah Fauzan Alam Islam juga menyampaikan sambutannya dan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar dan janji yang dipimpin oleh Kepala SMAN 1 Parungkuda dan diucap ulang oleh calon pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2020/2021. Berdasarkan surat keputusan kepala SMAN 1 Parungkuda, pengurus OSIS dan MPK SMAN 1 Parungkuda masa bakti 2020/2021 dilantik dan dinyatakan sah.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggung jawaban OSIS periode 2019/2020 oleh Hana Khoiriyah selaku koordinator seksi OSIS diikuti dengan penanda tanganan laporan pertanggung jawaban kinerja OSIS, penanda tanganan berita acara OSIS dan MPK sekaligus penyerahan jabatan Ketua OSIS masa bakti 2019/2020 kepada Ketua OSIS masa bakti 2020/2021. Serah terima jabatan ditandai dengan pemakaian jas dan penyerahan panji oleh Wakasek Kesiswaan kepada kepengurusan OSIS dan MPK masa bakti 2020/2021. Setelah pemakaian jas secara simbolis tersebut, ketua MPK dan ketua OSIS yang baru saja dilantik ini menyampaikan pidato pertamanya. 

Danan Syam Putra Bintana menyampaikan rasa terima kasih atas bimbingan pengurus OSIS maupun MPK periode 2019/2020. Untuk ke depannya, Danan menyampaikan dengan dorongan dari rekan-rekannya mereka akan mengembangkan program kerja yang lebih baik lagi, dan bekerja sama dengan lebih solid bersama OSIS untuk mencapai target program kerja yang sudah dibuat. 

Begitu juga dengan Asep Mulyana. Dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada pengurus OSIS maupun MPK terdahulu, dan mengajak kepada pengurus baru baik OSIS maupun MPK untuk bekerja bersama-sama dalam membangun dan melakukan yang terbaik dalam organisasi ini.

Sambutan dari ketua MPK dan ketua OSIS masa bakti 2020/2021 merupakan akhir dari rangkaian acara serah terima jabatan ini. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Siti Laela dan ditutup oleh MC. Serah terima jabatan ini berlangsung dengan baik dan lancar meski dengan segala keterbatasan kondisi di tengah pandemi.

Koordinator & Editor : TPMPS SMAN 1 Parungkuda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *