Hati-Hati Usia 36 Tahun

Bagi sebagian orang usia mungkin hanya sekedar deretan angka-angka, namun realitanya justru angka itu terus bertambah bahkan berkurang bila dilihat dari sudut pandang jatah hidup didunia.

Mungkin kita pernah mendengar ungkapan begins at 40 years, dan mungkin juga ada benarnya. Sebagian orang beranggapan bahwa usia matang seseorang saat telah memasuki usia 40 tahun.

Ada juga yang berpandangan usia 40 saatnya melihat ketercapaian hidup, bahagia-sengsara, mapan-tidak mapan, tahan ujian-tidak tahan ujian tercermin di usia 40 tahun. Disinilah pentingnya mempersiapkan diri di usia 36, 37, 38 dan 39 tahun. Bagi yang dapat mengisi usia sebelum 40 tahun dengan gemilang, akan terpancar kesiapan dan kedewasaannya, pun sebaliknya bagi yang buang-buang waktu, memubazirkan dirinya pada perkara yang tidak penting, siap-siaplah memasuki usia 40 dengan kegamangan dan keputusasaan.

Dalam kacamata Islam, jika ingin meneladani Rasulullah Saw., kita hendaknya mulai berkaca diri pada usia 40 tahun, karena tepat pada usia itu Nabi Muhammad resmi dilantik mengemban amanah sebagai utusan Allah Swt.

Usia 40 dipandang sudah matang menjadi pribadi dengan kualitas diri mumpuni dan kematangan dalam memandang hakikat kehidupan. Kedengarannya cukup manis melalui usia 40 tahun ini, usia indah untuk menikmati hidup. Tetapi pada usia itu pula sesungguhnya masalah kehidupan menemukan kematangan dirinya. Ujian-ujian hidup akan langsung menusuk ke jantung orientasi kehidupan yang kita pegang.

Bila dikaitkan dengan lembaga dalam hal ini sekolah, usia 36 merupakan puncaknya segala bentuk permasalahan, tantangan dan ujian akan datang silih berganti. Tergantung dari sudut pandang kita, tantangan dan ujian ini bisa membinasakan atau malah justru memompakan semangat dan mendewasakan seluruh warga sekolah. Yang kedua inilah seharusnya yang terjadi agar saatnya memasuki usia 40 tahun sekolah kita akan menjadi sekolah yang didambakan masyarakat luas dan menjadi sekolah peradaban di mata dunia. Semoga.

Sahabat karib Anda:
Herwan

Selamat Hari Jadi Ke-36 SMAN 1 Parungkuda

سنة حلوة
Happy Anniversary

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *