749 Siswa bersaing dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten Sukabumi 2020

Sukabumi – Sejumlah 749 siswa terbaik bersaing dalam kompetisi sains nasional tingkat Kabupaten Sukabumi, perhelatan tersebut di laksanakan pada Selasa 10 Maret 2020 di SMAN 1 Parungkuda.

Penampilan Ekskul Seni Tari | Foto : Renaldy Mulyana

Sebelum memasuki acara inti, kompetisi sains nasional ini diawali dengan penampilan kolaborasi dari ekstrakurikuler seni (band, seni tari, gamelan, angklung dan paduan suara) yang ada di SMAN 1 Parungkuda. Semua tamu undangan yang hadir menyaksikan kemeriahan opening ceremony Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten Sukabumi.

Setelah pembacaan ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan laporan panitia penyelenggara. H Mumuh selaku ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Sukabumi menyampaikan informasi “Kompetisi Sains Nasional ini diikuti oleh sekolah yang ada di Kabupaten Sukabumi, diantaranya 26 SMA Negeri, 33 SMA Swasta, 1 MA Negeri, 2 MA Swasta dan 1 SMP Swasta. Sehingga total peserta yang mengikuti Kompetisi Sains Nasional ini berjumlah 749 orang peserta dari sembilan mata pelajaran yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, geografi, astronomi, kebumian, ekonomi dan TIK.” Ungkap beliau.

H Mumuh juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KCD Wilayah V, Muspika, pengurus MGMP yang dikompetisikan, civitas akademika SMAN 1 Parungkuda dan semua pihak yang telah membantu suksesnya acara serta dari sponsor yaitu CV Ufaira Tekno dan Id CloudHost.

Antusias dan respon dari peserta yang datang dari berbagai sekolah sangat besar, terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti Kompetisi Sains Nasional ini, terutama pada mata pelajaran Matematika yang paling banyak diikuti dengan jumlah peserta 107 orang dan yang paling sedikit mata pelajaran TIK dengan peserta 51 orang.

Pemukulan gong oleh H Nurdin | Foto : Renaldy Mulyana

Secara resmi acara Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten Sukabumi dibuka oleh H Nurdin selaku kepala seksi bidang pengawasan dari KCD Wilayah V ditandai dengan pemukulan gong. H Nurdin menyampaikan, “Dengan diadakannya kompetisi ini diharapkan agar peserta didik lebih giat dan semangat lagi dalam meraih prestasi di bidang akademik dan semoga dapat berprestasi ke jenjang lebih tinggi lagi yaitu tingkat nasional.” Ungkap H Nurdin.

Ogi Suprayogi selaku kepala sekolah yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan KSN merasa terhormat dan bahagia atas kehadiran para peserta yang sesuai bahkan melebihi target yang diharapkan.

Sagita Seftiyani sebagai salah satu peserta KSN mata pelajaran Fisika mengatakan “Soal-soal yang diujikan pada KSN tahun ini lebih sulit daripada tahun sebelumnya, apalagi pada mata pelajaran fisika, memang hanya ada delapan soal, tapi dari delapan soal itu muncul lagi beberapa soal turunan lainnya yang membuat saya harus berpikir lebih keras lagi.” Ujarnya.

Koordinator: Herwan

Reporter: Hana Khoiriah

Editor: Renaldy Mulyana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *