Seuntai Catatan Kecil KSN-K 2020

Tak bisa dipungkiri, salah satu daya tarik seorang siswa SMP memilih masuk jenjang SMA adalah karena SMA tersebut berprestasi secara akademik dan dibuktikan dengan banyaknya medalist di kancah KSN, terlebih lagi bisa lanjut ke KSN-P, nasional atau bahkan mewakili Indonesia di ajang internasional. Daya tarik lainnya seorang medalist mempunyai tiket khusus untuk masuk perguruan tinggi idaman.

Karena alasan itulah seorang peserta didik menggenggam erat mimpi itu saat menginjakkan kaki pertama kali di SMAN 1 Parungkuda. Nah, tugas kitalah (saya menyebutnya ‘kita’ yang berarti semua civitas akademika, bukan hanya guru mata pelajaran yang dikompetisikan) menemukan, membina, mengarahkan dan mensupport serta membantu mewujudkan impian peserta didik. Sekaligus kitapun dalam rangka mengejawantahkan visi misi ‘PUJIAN’ sekolah.

Saya membaca tulisan dari seorang futurolog yakni seorang ahli yang memiliki keahlian dalam berbicara tentang masa depan yang bernama Francis Fukuyama tokoh yang berasal dari Jepang namun lahir dan besar di Amerika. Dia menulis dalam bukunya yang berjudul Trust: The Social Virtues and The Creation of Prosferity menyatakan bahwa, bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki tingkat kepercayaan antar elemennya tinggi (high trust society). Karena disitu kalau ada pertikaian hanya pertikaian gagasan dan nilai bagaimana sebuah bangsa bisa lebih maju lagi. Tapi kalau masyarakat yang tingkat kepercayaannya rendah (low trust society) pertikaiannya adalah pertikaian yang sepele dan remeh temeh.

Nah, terus apa hubungannya antara KSN dengan tulisan Francis Fukuyama. Mari kita (sekali lagi ‘kita’ ya) bangun kepercayaan masyarakat dengan mengoptimalkan dan memaksimalkan yang tadi itu, yakni menemukan, membina, mengarahkan dan mensupport untuk mewujudkan impian masyarakat terlebih impian sekolah yang ada pada visi misi. Hentikan pertikaian (kalau ada) yang sepele dan remeh temeh, mulailah mengadu, mempresentasikan ide dan gagasan besar untuk sama-sama kita realisasikan, dimulai dari mensupport semua peserta didik terlebih lagi yang potensial. Kedepan, visi misi ‘PUJIAN’ bukan hanya manis tertulis pada dinding yang megah tapi juga tertoreh di hati masyarakat dan hati sanubari seluruh warga sekolah. In Sya Allah.

Sampai jumpa lagi pada KSN-K berikutnya di Surade
Sahabat karib Anda:
Herwan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *