WORKSHOP PENYUSUNAN NASKAH SOAL DAN BAHAN AJAR

Menyambut pekan penilaian akhir sekolah atau ujian sekolah tahun pelajaran 2020/2021, SMAN 1 Parungkuda menggelar workshop penyusunan naskah soal dan bahan ajar, dimulai pada Senin, 22 Maret 2021 (in training 1), Selasa, 23 Maret 2021 (on training) dan Jumat-Sabtu, 9 s.d 10 Maret 2021 (in training 2). Untuk kegiatan in training 1 dilaksanakan pukul 08.00 s.d 15.00 di gedung pertemuan SMAN 1 Parungkuda, sedangkan on training di rumah masing-masing atau WFH.

Sesuai dengan tema, tujuan diselenggarakannya workshop ini yaitu upaya mempersiapkan kompetensi guru dalam penilaian terutama dalam membekali pendidik untuk dapat menganalisis SKL, KI, KD dan materi ajar. Di samping itu juga guru diharapkan dapat menganalisis juknis penyusunan soal ujian sekolah dan dapat menyusun kisi-kisi soal, kartu soal dan soal itu sendiri.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Dinda Tri Novanda kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah. Di sela-sela sambutan sekaligus membuka acara, Ogi Suprayogi menyampaikan, “Kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan hingga pengevaluasian. Di sinilah pentingnya workshop ini bagi guru agar memahami teknik dan prosedur evaluasi sehingga mampu memperbaiki proses belajar mengajar.”

Acara workshop pada kesempatan kali ini menghadirkan narasumber yang juga sebagai pengawas pendidikan dari KCD Wilayah V Provinsi Jawa Barat, E Dike Mariske. Beliau menyampaikan, “Untuk menunjang tugas profesionalnya, guru harus memiliki empat kompetensi yang meliputi; P√§dagogik, kepribadian, profesional dan sosial, yang tentu saja di dalamnya terdapat kemampuan penilaian atau evaluasi.”

Materi dilanjutkan dengan teknik penyusunan soal menggunakan aplikasi Liveworksheet oleh Wina Dwi Yohana. Kemudian dilanjutkan dengan teknik meng-upload soal yang telah disusun ke dalam aplikasi Computer Base Test (CBT) setelah sesi istirahat.

Kontributor: Herwan
Editor: Hani Wijayanti
Koordinator: Renaldy Mulyana

1 thought on “WORKSHOP PENYUSUNAN NASKAH SOAL DAN BAHAN AJAR”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *