Paraphrase

Oleh :
Herwan, S.Pd.I., M.M.Pd
(Guru PAI SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi)

Awal-awal menulis dengan menuangkan ide sendiri dan saya baca sendiri, sepertinya tulisan saya tidak menarik. Dari paragraf ke paragraf lainnya seperti tidak utuh, alih-alih ingin beranjak ke paragraf berikutnya di paragraf yang pertama saja sudah tidak memikat.

Saya terus membaca dan belajar bagaimana bukan hanya sekedar dapat menuangkan ide pada tulisan, namun juga dapat dibaca dan dinikmati oleh orang lain disetiap paragrafnya. Saya mulai mencoba menulis lagi dengan sebelumnya memperkaya ide-ide dari penulis lain yang karyanya begitu dinikmati oleh para fansnya. Teknik inilah yang mungkin disebut paraphrase atau parafrase, parafrase merupakan salah satu cara meminjam gagasan atau ide dari sebuah sumber tanpa menjadi plagiat. Menurut Kamus Oxford Advanced Leaner’s Dictionary, parafrase merupakan “cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah untuk dimengerti.”

Pengutipan yang dilakukan dalam teknik menulis parafrase merupakan kutipan yang menggunakan kata-kata sendiri untuk mengungkapkan ide yang sama. Sehingga dapat diaplikasikan saat menulis buku, dan aktivitas tersebut adalah legal. Selain membuat gagasan lebih mudah untuk dimengerti, parafrase dapat juga digunakan untuk menjaga koherensi dan keutuhan alur tulisan.

Tips dari saya buat para penulis pemula jika masih memiliki kesulitan dalam melakukan parafrase, baiknya mulailah berlatih dari tingkatan yang termudah terlebih dahulu, yakni membuat parafrase pada taraf kalimat. Jika telah cukup mahir dalam melakukan parafrase kalimat, maka buatlah parafrase untuk sebuah paragraf dan seterusnya sehingga anda sudah dapat memparafrase artikel atau opini.

Akhirnya, selamat berlatih memparafrase terus belajar menuangkan dan berbagi ide-ide kebaikan dalam bentuk tulisan. Karena menulis membuatmu bersejarah.

Sahabat Karib Anda
Herwan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *