Ogi Suprayogi: Siswa kita harus menjadi agen edukasi Covid-19 di masyarakat

Kegiatan rapat dinas dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 dilaksanakan di ruang guru SMAN 1 Parungkuda pada Senin 16 Maret 2020 diikuti oleh 64 orang peserta rapat dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan.

Acara dibuka dengan pembacaan basmalah yang dipimpin oleh Ade Rustandy selaku wakasek humas. Selanjutnya, Ogi Suprayogi selaku kepala sekolah memberikan arahan “Mohon maaf dengan sangat mendadak kita harus rapat untuk mengatur strategi pembelajaran yang biasa KBM dikelas sebagaimana surat edaran terkait Covid-19 yang sama-sama telah kita ketahui.” Ungkap Ogi Suprayogi.

Pada kesempatan rapat kali ini Ogi Suprayogi menyampaikan beberapa instruksi dan larangan dari kepala dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat “Kita harus melaksanakan kehadiran di satuan pendidikan seperti biasanya untuk menyusun strategi pembelajaran secara daring bagi peserta didik dirumahnya masing-masing, larangannya adalah tidak ada kegiatan yang melibatkan siswa disekolah baik kegiatan penugasan ataupun ekstrakurikuler.” Ujar kepala sekolah.

Ditengah-tengah arahannya Ogi Suprayogi juga menambahkan agar seluruh civitas akademika SMAN 1 Parungkuda untuk tidak menshare informasi yang tidak jelas sumbernya sehingga menimbulkan kepanikan dan kekisruhan yang menambah panjang masalah. Mari bijak dalam menyikapi berita dan hanya memanfaatkan berita yang jelas-jelas sumbernya seperti dari pemerintah provinsi, ataupun dari dinas pendidikan provinsi Jawa Barat yang jelas di tandatangani.

Di akhir arahannya Ogi Suprayogi menginformasikan “Pemprov Jabar mengatur juklak dan juknis untuk KBM tanggal 16 s.d 29 Maret 2020 dan kita akan informasikan kepada orangtua siswa baik melalui website sekolah ataupun media lainnya, 16-21 Maret akan diberikan materi tentang Covid-19 selebihnya materi disesuaikan dengan mata pelajaran masing-masing. Khusus untuk materi Covid-19, tugas akhir dalam bentuk video akan di release di website sekolah sebagai bukti bahwa siswa harus menjadi agen edukasi Covid-19 dimasyarakat, dan saya akan apresiasi dalam bentuk reward juara 1 Rp.500.000., juara 2 Rp.300.000., dan juara 3 Rp.200.000 dan secara teknis nanti akan disampaikan oleh wakasek kurikulum.” Pungkas beliau.

Reni Citrawati selaku staf wakasek kurikulum memaparkan secara teknis KBM yang dilaksanakan dirumah masing-masing pada 16-21 tentang Covid-19, untuk juklak dan juknis dapat dilihat di :

Reni Citrawati juga menayangkan link-link yang dapat di unduh oleh bapak/ibu guru untuk memudahkan dalam pelaksanaan KBM bentuk daring. Salah satunya beliau menyampaikan link yang di rekomendasikan oleh Pemprov Jabar yaitu:

http://bit.ly/MateriBelajardiRumah

Diakhir pemaparannya beliau mengatakan bahwa guru tetap hadir di satuan pendidikan sesuai dengan jam kerja yang berlaku dan setelah rapat ini kepala sekolah beserta wakasek, koordinator BK dan TPMPS akan membentuk kelompok kerja (Pokja) penangkalan Covid-19 termasuk agenda penyemprotan disinfektan di ruang-ruang kelas.

Penyemprotan disinfektan untuk pencegahan virus

Posted by SMAN 1 Parungkuda on Sunday, 15 March 2020
Penyemprotan disinfektan di sekolah

Koordinator: Herwan

Editor: Renaldy Mulyana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *