Moda Daring Solusi Ujian Sekolah di Masa Darurat Pandemi Covid-19

Sukabumi -Rapat koordinasi panitia ujian sekolah dilaksanakan pada Jumat 27 Maret 2020 pukul 09.30 s.d 11.00 di ruang meeting Komite SMAN 1 Parungkuda. Tujuan rapat ini untuk mengkoordinasikan dan mencari jalan keluar terkait Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19.

Acara dihadiri sejumlah panitia ujian sekolah dan dibuka dengan pembacaan basmalah yang dipimpin oleh pembawa acara sekaligus wakasek humas Ade Rustandy.

Panitia Ujian Sekolah SMAN 1 Parungkuda

Berdasarkan hasil pertimbangan dan pemaparan panitia yang hadir, Ogi Suprayogi selaku kepala SMAN 1 Parungkuda memutuskan bahwa ujian sekolah tetap dilaksanakan, namun karena semakin merebaknya pandemi Covid-19 teknik pelaksanaan ujian sekolah dilaksanakan dengan moda dalam jaringan atau daring. Lebih lengkapnya beliau mengatakan, “Bagi peserta didik yang terkendala dalam hal sarana atau alat untuk menjawab soal, baik berupa laptop atau handphone, sekolah akan meminjamkan tablet. Bagi siswa yang kendalanya paket data, maka sekolah juga akan memberikan dana untuk pembelian paket data tersebut.” Ungkap Ogi Suprayogi.

Kemudian beliau juga menekankan terkait pengambilan tablet harus diatur sedemikian hingga agar tidak terjadi kerumunan dalam teknik peminjaman, “Jangan sampai terjadi kerumunan yang dapat berpotensi menyebarkan virus Covid-19, kita juga harus melaksanakan himbauan pemerintah social distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.” Ujar beliau.

Diakhir arahannya kepala sekolah berpesan agar semua wali kelas dua belas berpartisipasi aktif dalam pengawasan dan memberikan layanan kemudahan bagi peserta didik dalam hal penilaian berbasis komputer atau Computer Base Test (CBT) dengan moda daring yang dilaksanakan dirumah masing masing tersebut, yang in sya Allah akan dilaksanakan pada 2 s.d 10 April 2020.

Koordinator dan editing: Staf TPMPS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *