RAMBAH KOTA: LESTARIKAN BANGUNAN BERSEJARAH SUKABUMI

Lebih dari 20 pelajar anggota ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja atau KIR SMAN 1 Parungkuda menggelar kegiatan rambah kota dengan mengunjungi dan mempelajari gedung-gedung dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Sukabumi, Sabtu 11 Desember 2022. Perhelatan ini merupakan salah satu program kerja Departemen Ilmu Sosial dari Ekstrakurikuler KIR yang bertujuan untuk melestarikan sejarah Kota Sukabumi.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Herwan selaku Pembina, Rusman Alanudin sebagai Pelatih, dan juga Muhammad Ikhsan sebagai Ketua KIR, memiliki harapan besar agar seluruh anggota KIR dapat lebih mengenal dan melestarikan gedung-gedung dan bangunan bersejarah Sukabumi yang menyimpan banyak nilai historis dan sangat menarik juga bernilai untuk dipelajari.

“Sudah sepantasnya sebagai bagian dari masyarakat Sukabumi, kita lebih mengenal dengan mempelajari sejarah Sukabumi, kalau bukan kita, lalu siapa lagi?!” ungkap Herwan. “Mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, merupakan investasi yang sangat bernilai dan berguna bagi masa depan khususnya pelajar ke depannya,” lanjutnya.

Senada dengan Herwan selaku Pembina Ekstrakurikuer KIR SMAN 1 Parungkuda, Rusman Alanudin mengatakan, “Selain Sukabumi, kami telah mengunjungi dan mempelajari sejarah Kota Bogor dan Kota Tua Jakarta. Namun untuk Sukabumi ini merupakan edisi yang spesial, karena lebih banyak personel yang berpartisipasi dan berharap program ini akan berlanjut agar menjadi inspirasi pelajar Sukabumi,” pungkasnya.

Sesuai dengan rencana, gedung-gedung dan bangunan bersejarah yang dikunjungi yaitu Pendopo Kabupaten Sukabumi, Stasiun Kereta Api, Museum Pegadaian, Masjid Agung dan Gedung Juang dengan menjadikan Lapangan Merdeka sebagai meeting point atau tempat awal berkumpul.

Kontributor: Herwan
Editor: Hani Wijayanti
Koordinator: Renaldy Mulyana

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *