SMAN 1 Parungkuda Memulai Tema Baru
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dilaksanakan di SMAN 1 Parungkuda telah memberikan perubahan terhadap kreativitas dan inovasi para peserta didik. Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terlihat adanya peningkatan kreativitas peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil karya yang dikembangkan oleh peserta didik melalui pembelajaran projek pada kegiatan P5 tersebut yang beraneka ragam dan sangat membanggakan.
Setelah berhasil melaksanakan kegiatan P5 dengan tema Berkebinekaan Global dan Gaya Hidup Berkelanjutan, SMAN 1 Parungkuda akan memulai kembali tema ketiga yaitu Bangunlah Jiwa dan Raganya. Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya bertujuan untuk membentuk peserta didik yang sehat secara sosial, emosional dan jasmaniah dengan mendorong mereka untuk dapat melakukan hal-hal yang positif. Selain itu melalui tema Bangunlah Jiwa dan Raganya diharapkan peserta didik memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang kadang terjadi di lingkungan sekolah maupun masyarakat terkait masalah kesejahteraan diri seperti perundungan, penyalahgunaan narkoba dan kecanduan game online.
Untuk memudahkan pemahaman peserta didik dalam melaksanakan kegiatan P5 di tema ketiga ini, maka diadakan kegiatan sosialisasi modul tema Bangunlah Jiwa dan Raganya kepada seluruh tim fasilitator P5 pada hari kamis tanggal 16 Maret 2023 di SMAN 1 Parungkuda. Dalam kegiatan sosialisasi dijelaskan terkait alur pembelajaran proyek pada kegiatan P5 yaitu mengikuti alur MERDEKA yaitu Mulai dari Diri (observasi awal, mengamati keadaan), Eksplorasi Konsep (menambah wawasan dengan membaca buku, majalah, koran, searching artikel di jurnal, dll), Ruang Kolaborasi (bersama kelompok, berkolaborasi, merencanakan), Demonstrasi Kontekstual (merancang strategi aksi nyata), Elaborasi Pemahaman (mengonfirmasi pemahaman), Koneksi antar Materi (rencana aksi nyata dengan mengaitkan pemahaman dan kondisi faktual) dan Aksi Nyata (kerja sesungguhnya atau membuat karya). Selanjutnya dalam kegiatan sosialisasi tersebut dijelaskan tentang topik-topik yang dapat dipilih oleh peserta didik dalam membuat sebuah karya atau produk seperti senam kreasi, makanan sehat, film dokumenter, pementasan drama, kabaret, kampanye kesehatan dan kampanye kesejahteraan diri. Namun dalam pelaksanaannya, peserta didik dapat membuat karya dengan topik lain yang masih berhubungan dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya.
Terdapat empat Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan tumbuh dalam diri peserta didik selama mengikuti kegiatan P5 tema Bangunlah Jiwa dan Raganya ini yaitu beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Adapun lini masa kegiatan P5 tema ketiga ini berjumlah 68 JP atau sekitar 3 bulan.
Seluruh fasilitator projek diharapkan dapat berperan aktif sebagai pembimbing yang mampu mengembangkan dan menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik sehingga mereka mampu meningkatkan kompetensinya sesuai dengan potensi, minat serta bakatnya. Kebebasan diberikan kepada semua peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dan pemahamannya sehingga mereka dapat membuat produk atau karya sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.
Kegiatan P5 tema Bangunlah Jiwa dan Raganya diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang sesuai dengan tujuannya yaitu membentuk karakter peserta didik yang memiliki nilai profil pelajar pancasila.
Kontributor: Reni Citrawati