Menumbuhkan Sikap Kompetitif di Tengah Pandemi

Sejumlah lomba diadakan oleh SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk tetap menumbuhkan jiwa kompetitif peserta didik walau hanya di rumah saja selama masa pembelajaran di masa darurat Covid-19. Acara dilaksanakan dari tanggal 15 s.d 24 Agustus 2020 dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia sekaligus mensyiarkan 1 Muharam 1442 H.

Sebanyak 200 peserta didik diperkirakan ikut berpartisipasi meramaikan lomba, berasal dari perwakilan kelas dengan memperebutkan 27 trofi dan suvenir untuk Gebyar Merdeka Virtual serta Gelar Muharam Vitual.

Acara yang akan diselenggarakan secara virtual ini melibatkan tidak kurang dari 50 personel panitia, baik guru maupun unsur OSIS SMAN 1 Parungkuda.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Zulkarnaini menjelaskan bahwa anak-anak memiliki ikatan emosional terhadap sekolahnya. Dengan ikatan tersebut, mereka diharapkan tetap aktif mengikuti berbagai kegiatan sekolah termasuk berbagai perlombaan yang digelar. “Meskipun jauh dari rumah, ternyata hati mereka masih tetap di SMAN 1 Parungkuda,” ujarnya.

Sebanyak 9 kategori lomba diadakan SMAN 1 Parungkuda, baik untuk memeriahkan HUT RI ataupun dalam rangka 1 Muharam 1442 H. Kategori Gebyar Merdeka Virtual yaitu: Vlog Kemerdekaan, Cover Lagu Kemerdekaan, Merdeka Quizizz, Orasi Proklamasi dan Short Movie. Sedangkan untuk Gelar Muharam Virtual meliputi Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran, Kultum dan Adzan.

Ogi Suprayogi selaku kepala sekolah sangat menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan virtual ini terlebih di masa pandemi, “Peserta didik juga penting meningkatkan kompetensi keterampilannya meski di saat Covid-19 seperti saat ini agar tetap terpenuhinya kompetensi pengetahuan dan keterampilan.”

Ada hal yang cukup menarik pada perhelatan lomba kali ini. Beberapa juri kategori Cover Lagu Kemerdekaan yang ditunjuk merupakan personel “Teacher Voice” dengan karya cover lagu perdananya “Demi Raga Yang Lain” yang sempat viral, inilah yang membuat peserta lebih antusias dan semangat untuk mengikuti lomba kali ini.

Koordinator & Editor : TPMPS SMAN 1 Parungkuda

Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *